Al-Zarnuji's Thoughts On Islamic Education And Its Relevance
Main Article Content
Abstract
Dalam menerapakan nilai-nilai spiritual, religious, dan etika bagi peserta didik diperlukan pendidikan Islam agar nilai-nilai tersebut dapat terbentuk. Namun yang terjadi dilapangan belum mencapai apa yang mejadikan tujuan dari pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembaharuan dalam konsep pendidikan. Dalam penulisan makalah ini, penuis menggunakan metode studi pustaka (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian pendidikan al-Zarnuji yang relevan dengan pendidikan era modern ini menunjukkan hasil bahwa: 1) Tujuan pendidikan, hal ini releven berkaiatan dengantujuan pendidikan yang mana keduanya menekankan pada akhlak. 2) Pendidik, hal ini relevan dengan adanya kesesuaian tentang kompetensi kepribadian guru, yaitu guru haruslah memiliki kepribadian yang baik, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadikan contoh tauladan yang baik. 3) peserta didik, hal ini relevan dengan adanya kesesuaian dengan UU Sisdiknas nomor 23 Tahun 2003 Bab V pasal 12 bahwasannya peserta didik memiliki kewajiban menjaga norma-norma pendidikan. 4) kurikulum, hal ini dapat dilihat dari landasan dasar kurikulum pendidikan Islam yang berkaitan dengan dasar agama dan juga dasar psikologis. 5) metode pendidikan, pada era modern ini metode menghafal dan diskusi masih digunakan sesuai dengan kebutuhannya.