Development of Quantum Physics E-Modules on Wave Function Material Assisted by Flip PDF Professional

Main Article Content

Nur Kholija Harahap
Sri Purwaningsih
Febri Berthalita Pujaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan e-modul fisika kuantum pada materi fungsi gelombang, mengetahui kelayakan pengembangan e-modul, dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap e-modul fungsi gelombang menggunakan flip pdf professional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun penelitian ini masih sebatas tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, ahli media, dan persepsi siswa. Jenis datanya adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli dan persepsi siswa. Pada hasil akhir validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata mencapai 4,94 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya hasil akhir validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,82 dengan kategori sangat baik. Kemudian dilakukan uji coba operasional lapangan dengan rata-rata skor mencapai 4,22 dengan kategori sangat baik. Keunggulan utama e-modul yang dikembangkan adalah hadirnya video cara membaca rumus, video pembelajaran tambahan, kuis, dan contoh soal yang memudahkan pemahaman materi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika kuantum pada materi fungsi gelombang menggunakan professional flip pdf yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik untuk digunakan dan disebarluaskan sebagai sumber belajar pelengkap bagi siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harahap, N. K., Purwaningsih, S., & Pujaningsih, F. B. (2024). Development of Quantum Physics E-Modules on Wave Function Material Assisted by Flip PDF Professional. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1858-1862. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7962
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.