Humanist Approach in Da'wah Based on the Qur'an

Main Article Content

Kharisma Mujahidin

Abstract

Dakwah merupakan salah satu kewajiban utama umat Islam dalam menyebarkan ajaran agama dan nilai-nilai kebenaran. Dalam menjalankan dakwah, pendekatan yang digunakan sangat mempengaruhi penerimaan pesan oleh masyarakat. Dalam menjalankan dakwah, pendekatan yang digunakan sangat mempengaruhi penerimaan pesan oleh kalangan mad’unya. Oleh karena itu, maka penulis tertarik untuk melakukan mini riset dengan judul Pendekatan Humanis Dalam Dakwah Berdasarkan Al-Qur'an. Tujuan dari penelitian ini, tidak lain hanyalah ingin mengetahui apa saja pendeketan humanis yang terdapat dalam al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian literatur, yaitu penelitian pustaka atau library research. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa Pendekatan Humanis Dalam Dakwah Berdasarkan Al- Qur'an, itu terdapat lima bagian. Pertama dalam pendekatan humanis dalam dakwah, Al- Qur'an menegaskan bahwa setiap manusia memiliki nilai dan martabat yang sama di hadapan Allah SWT, tanpa memandang suku, ras, warna kulit, atau latar belakang sosial, Kedua pendekatan humanis dalam dakwah haruslah menekankan pentingnya perilaku yang baik, jujur, adil, dan bertanggung jawab dalam interaksi dengan sesama manusia. Ketiga Pendekatan humanis dalam dakwah juga menekankan pentingnya memahami dan menghormati martabat manusia. Keempat dakwah yang humanis juga menekankan pentingnya mengutamakan kebaikan dan kesejahteraan bersama. Kelima pendekatan dakwah yang humanis menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika. Keenam pendekatan dakwah humanis memperhatikan dan merespons kebutuhan fisik, mental, emosional, dan spiritual manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mujahidin, K. (2024). Humanist Approach in Da’wah Based on the Qur’an. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1886-1895. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7966
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.