Training PAI Students’ English Vocabulary in an Islamic way through Maher Zain’s Song Lyrics at Univa Medan

Main Article Content

Yulia Warda
Intan Kumalasari
Syafrina Prihatini
Tirta Syafitri

Abstract

Bahasa inggris merupakan bahasa asing yang penting untuk dikuasai oleh pembelajar untuk mencapai kebutuhan pada aspek pendidikan, parawisata, ekonomi, sosial dan budaya yang mampu bersaing di dunia global. Untuk mencapai sasaran tersebut, pembelajar harus berlatih dalam penguasaan bahasa inggris yang mencakup beberapa keterampilan, yakni makro skills meliputi keterampilan berbicara, mendengarkan, menulis dan membaca. Selanjutnya, mikro skills mencakup vocabulary skill, grammar dan pronunciation. Yang paling mendasar yaitu penguasaan kosakata bahasa inggris menjadi kunci utama keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan keterampilan lainnya. Pembelajaran bahasa inggris di pendidikan agama islam di rancang sesuai dengan konsep kajian islam atau disebut English for Islamic Studies jadi penamaan untuk pembelajaran bahasa inggris di bidang ilmu tertentu merupakan konsep dari English for Specific Purpose. Tujuannya, agar pembelajar dapat memperkuat pemahamannya terhadap islam melalui keterampilan berbahasa inggris sesuai dengan latar belakang pengetahuannya dan bidangnya.  Adapun beberapa masalah yang yang terdapat pada kajian ini diantaranya: a. Bagaimana efektifitas penggunaan maher zain dalam melatih kosakata bahasa inggris mahasiswa pendidikan agama islam univa? b. Bagaimana integrasi nilai-nilai Islami dalam pembelajaran kosakata bahasa inggris melalui lirik lagu Maher Zein berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa pendidikan agama islam univa? c. Apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran kosakata bahasa inggris menggunakan lagu Maher Zain pada mahasiswa pendidikan agama islam di Univa Medan?, berikutnya pada penelitian ini menggunakan metode pendekan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa pendidikan agama islam A. Tekhnik pengumpulan datanya melalui langkah observasi, wawancara dan obeservasi. Dari hasil temuan berdasarkan fenomena yang ada bahwa Penggunaan lagu Maher Zain dalam melatih kosakata bahasa Inggris bagi mahasiswa Pai di Univa sangat efektif karena mencakup berbagai aspek pembelajaran yang mendukung retensi dan pemahaman kosakata baru. Dengan pendekatan yang relevan secara budaya, meningkatkan motivasi belajar, memanfaatkan pengulangan, memberikan konteks yang jelas, dan melibatkan pendekatan multisensori, lagu-lagu Maher Zain dapat menjadi alat yang powerful dalam pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan akademik yang berbasis nilai-nilai Islam. bahwa integrasi nilai-nilai Islami dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris melalui lagu Maher Zain memiliki dampak yang sangat positif terhadap motivasi belajar mahasiswa Pai di Univa. Dengan relevansi nilai-nilai Islami, pendekatan emosional, penguatan identitas keagamaan, metode pembelajaran yang menyenangkan, dan pengaruh positif terhadap sikap belajar, mahasiswa menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam mempelajari bahasa Inggris. Implementasi pembelajaran kosakata bahasa Inggris menggunakan lagu Maher Zain di lingkungan mahasiswa Pai Univa menghadapi berbagai kendala dan tantangan, mulai dari perbedaan tingkat kemampuan bahasa Inggris, pemahaman konteks budaya, keterbatasan fasilitas, waktu pembelajaran, motivasi mahasiswa, hingga evaluasi kemajuan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Warda, Y., Kumalasari, I., Prihatini, S., & Syafitri, T. (2022). Training PAI Students’ English Vocabulary in an Islamic way through Maher Zain’s Song Lyrics at Univa Medan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3213-3222. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7985
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.