Problems of Arabic Language Learning in Speaking Skills of Grade 1 Students of MA Hikmatusysysarief NW Salute Strait Narmada West Lombok Academic Year 2023/2024
Main Article Content
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu diantara bahasa-bahasa di dunia yang memiliki keistimewaan karena berfungsi sebagai bahasa Al-Qur’an dan Hadist. Tetapi dalam praktiknya tidak sedikit orang yang memiliki kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengungkap probLematika pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan berbicara siswa kelas 1 MA Hikmatusysysarief NW Salut Selat Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2023/2024 serta bagaimana upaya untuk mengatasinya. Adapun penelitian ini termausk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan sekunder. Data primer bersumber dari siswa kelas 1 MA Hikmatusysysarief NW dan data sekunder berasal dari berbagai buku, jurnal yang dapat mendukung data-data penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpula, selanjutnya dilakukan analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi oleh siswa kelas 1 MA dalam keterampilan berbicara diantaranya karena siswa kekurangan kosa kata (mufrodat) sehigga siswa kesulitan untuk merangkai kalimat yang diucapkan Ketika berbicara dengan lawan berbicara. Selain itu, pembelajaran bahasa Arab sering menggunakan metode talaqqi artinya siswa hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru. Adapun upaya yang dilakukan mengatasi problematika ini pihak sekolah membentuk bi’ah Arobiyah atau lingkungan bahasa Arab agar siswa terbiasa dalam bebrbicara bahasa Aarab, kendatipun secara kaidah belum sempurna. Selain itu, pihak sekolah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang pembelajaran Bahasa Arab. Disamping juga guru menciptakan proses belajar yang lebih mudah dan prkatis agar siswa senang dan termotivasi dalam belajar bahasa Arab.