Multicultural Education in Indonesia

Main Article Content

Fitrah Ramadhani

Abstract

Indonesia adalah negara multikultural terbesar di dunia, dimana negara Indonesia terdiri dari berbagai kelompok etnis, suku, agama, budaya dan sebagainya. Keberagaman bangsa Indonesia ini dapat menjadi sebuah berkah juga musibah, berkah sebagai sebuah entitas negara dan bangsa yang mampu merawat keberagamannya namun sebaliknya menjadi sebuah musibah jika bangsa ini tidak mampu merawat keberagaman dan menjadi sebuah disharmoni seperti yang terjadi belakangan ini. Pendidikan multikultural penting diterapkan kepada peserta didik dengan harapan agar anak mampu memahami bahwa di dalam lingkungan mereka dan juga lingkungan di luarnya terdapat keragaman budaya. Keragaman budaya tersebut berpengaruh kepada tingkah laku, sikap, pola pikir manusia, sehingga manusia tersebut memiliki cara-cara (usage), kebiasaan (habbit), aturan-aturan (mores) yang berbeda dengan yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadhani, F. (2024). Multicultural Education in Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 2062-2068. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.8066
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.