Counseling Guidance Development Management Strategy

Main Article Content

Nuria Ariefah Nanda
Ali Daud Hasibuan

Abstract

Efisien dan suksesnya penyelenggaraan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah diharapkan dapat dicapai melalui pengelolaan layanan tersebut secara efektif. Mengetahui pendekatan manajemen dalam menciptakan konseling dan bimbingan di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram menjadi tujuan penelitian ini. Untuk memahami sepenuhnya fenomena atau latar belakang dan untuk mengevaluasi makna dan kompleksitas situasi, pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanjung Tiram dan dua orang guru bimbingan dan konseling menjadi informan dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan penelitian, program bimbingan dan konseling pertama-tama terorganisir dengan baik dan tepat waktu. Kedua, kenyataan bahwa SMA Negeri 1 Tanjung Tiram telah berkembang dan beroperasi secara terkoordinasi menunjukkan bahwa kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, serta pemangku kepentingan lainnya menyadari nilai organisasi. Ketiga, namun jika outcomenya belum sempurna, maka Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram sudah terlaksana dengan baik. Keempat: Petunjuk apa yang harus dilakukan dan apa yang harus ditingkatkan dalam proses pemberian layanan bimbingan dan konseling mulai dari kepala sekolah hingga guru bimbingan dan konseling. Kelima, evaluasi layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram memungkinkan seseorang untuk mengetahui apakah pengelolaan layanan tersebut efisien dan berdampak positif terhadap tumbuh kembang anak yang menerimanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nanda, N., & Hasibuan, A. (2024). Counseling Guidance Development Management Strategy. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 2156-2164. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.8105
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.