The Influence of The Picture and Picture Learning Model Oriented Towards Character Education on the Motivation And Learning Outcomes of Social Sciences for Fifth Grade Students

Main Article Content

Nurul Asmi
Nursalam Nursalam
Muhlis Madani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture And Picture terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu pengetahuan Sosial murid kelas V SD Negeri Kaluku Bodoa kecamatan Tallo kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonquivalent control grup desing. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 50 orang, terdiri dari 25 orang kelas eksperimen dan 25 orang kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk mengukur motivasi belajar dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar murid. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, dan pada tahap uji prasyarat data dilakukan uji normalitas data dan uji homogenitas data. Sedangkan untuk uji hipotesis dilakukan Uji Manova. Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) terdapat pengaruh motivasi belajar melalui model pembelajaran Picture And Picture berorientasi pendidikan karakter pada mata pelajaran  Ilmu Pengetahuan Sosial murid kelas V SD Negeri Kaluku Bodoa  2) Terdapat pengaruh hasil belajar melalui Model pembelajaran Picture And Picture berorientasi pendidikan karakter pada mata pelajarn Ilmu Pengetahuan Sosial murid kelas V SD Negeri Kaluku Bodoa; 3). Model  pembelajaran Picture And Picture berorientasi pendidikan karakter terhadap motivasi dan hasil belajar murid dengan nilai signifikasi <0,001 < 0,05 terdapat pengaruh model pembelajaran Picture And Picture berorientasi pendidikan karakter terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture And Picture dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid kelas V SD Negeri Kaluku Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asmi, N., Nursalam, N., & Madani, M. (2024). The Influence of The Picture and Picture Learning Model Oriented Towards Character Education on the Motivation And Learning Outcomes of Social Sciences for Fifth Grade Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 2419-2427. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8232
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.