The Influence of the Video Media-Assisted Decision-Making Type Cooperative Learning Model on Students' Critical Thinking Abilities and Learning Outcomes in The Subject of Social Sciences Quasi-Experimental Research for Class V Students Basic Material on the Economic Conditions of My Region

Main Article Content

Nabila Ratri Widya Astuti
Tin Rustini
Asep Rudi Nurjaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dan penggunaan model pembelajaran yang masih konvensionan pada pelajaran IPS . Hal ini dikarenakan masih banyak ditemui pembelajaran yan masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang dilatih untuk berani berpendapat, bertanya dan juga mengambil keputusan. Dengan demikian penulis ingin berupaya meingkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe decision making berbantu media vidio pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adah siswa kelas V SDN 243 Cicabe dengan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol dengan masing masing kelas berjmlah 25 siswa. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model pembelajaran decision making berbantu media vidio dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem based learning. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal tes pilihan ganda dan angket berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran decision making berbantu media vidio terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Melalui hasil uji perbedaan rerata pretest dan posttest kelas eksperimen dengan taraf signifikansi (2-tailed) 0.000 atau 0.000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe decision making terhadap berpikir kritis siswa dan signifikansi (2-tailed) 0.000 atau 0.023 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe decision making terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Astuti, N. R. W., Rustini, T., & Nurjaman, A. R. (2024). The Influence of the Video Media-Assisted Decision-Making Type Cooperative Learning Model on Students’ Critical Thinking Abilities and Learning Outcomes in The Subject of Social Sciences. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 2642-2655. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8329
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.