Feasibility of E-Module based Local Culture “Makan Bajamba” to Enhance Student Scientific Literacy in Science Learning

Main Article Content

Nurullina Fajri
Siti Sriyati
Diana Rochintaniawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas e-modul berbasis kebudayaan lokal “makan bajamba” dalam melatihkan literasi sains peserta didik pada materi makanan dan sistem pencernaan manusia. Penelitian dan Pengembangan dengan model pengembangan ADDIE digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Model penelitian tersebut terdiri atas lima langkah, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Namun, penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan karena peneliti ingin melihat validitas e-modul berbasis kebudayaan lokal “makan bajamba”. Instrumen yang digunakan dalam uji validitas yaitu angket dengan skala likert. Kelayakan e-modul dinilai dari validitas isi dan konstruk yang mencakup beberapa aspek, diantaranya yaitu aspek materi, penyajian, media dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan yang dikaji oleh dua orang dosen program studi pendidikan IPA dan dua orang guru IPA, menunjukkan bahwa e-modul makan bajamba berbasis budaya lokal memperoleh persentase sebesar 93% untuk validitas isi termasuk kategori sangat valid dan validitas konstruk memperoleh persentase sebesar 96% termasuk kategori sangat valid, sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk melatih literasi sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fajri, N., Sriyati, S., & Rochintaniawati, D. (2024). Feasibility of E-Module based Local Culture “Makan Bajamba” to Enhance Student Scientific Literacy in Science Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 2805-2818. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i2.8337
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.