Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Soal SPLDV ditinjau dari Motivasi Belajar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 di Kebumen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP N 2 Sruweng dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah serta angket mengenai motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Angket dikumpulkan melalui googleform, dan untuk pengerjaan soal kemampuan pemecahan masalah diawasi secara langsung. Instrumen dari penelitian ini adalah menggunakan googleform dan hasil tes siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari motivasi belajar yang dikategorikan menjadi tiga tingkatan, yaitu (1) Tinggi, (2) Sedang, dan (3) Rendah.
Downloads
Article Details
References
[2] Agsya, Feni Maisyaroh, Maimunah, dan Y. R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 4(2), 31-44.
[3] Aisyah, (2018). (n.d.). No Title. Aisyah, P. N. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa Smp. Journal On Education, 1(1), 58–65.
[4] Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1).
[5] Ayu, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA ANALISIS, 12–19.
[6] Dwianjani, N., Candiasa, I, M., S. (2018). Indentifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol 2 No. 2 Desember 2018.
[7] Harahap, E. R. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 07(April), 44–54.
[8] Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. In PT Refika Aditama Bandung.
[9] Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 52.
[10] Himatul, Ulya. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG. 2(1),90-96.
[11] Husna, Fadhila El., Dwina, Fitriani., dan Murni, D. (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemamupan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 26-30.
[12] Kudsiyah, S. M., Novarina, E., & Lukman, H. S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di Sma Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 110–117.
[13] Nisak, K. (2017). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2348(1), 91–98.
[14] Nisak, Khoirun, & Istiana, A. (2017). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan. 2348(1), 91–98. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/download/2540/2203
[15] Nuraini, Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76.
[16] Olpado, S. U., Heryani, Y. (2017). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 3(1), 63-70, Maret 2017.
[17] Pamungkas, M. D. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (CMT). Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 118-130.
[18] Purnamasari, Irma., dan Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3( 2). 207-215.
[19] Rahmawati, F., D. (2019). The Effect of Religiosity, Demography, and Motivation on Student Sharing Behavior Patterns. Journal Intellectual Sufism Research (JISR), 2(1), 55-59.
[20] Rianto, V. M., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan, 6(7).
[21] Rizka, Nela., Syarifuddin, Hendra., dan S. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 44-48.
[22] Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTS Kelas VII dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal On Education, 01(02), 458–464.
[23] Setiawan, W., & Sari, Andika, V. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Diferensial Berbasis Konflik Kognitif. Jurnal Elemen, 4(2), 204.https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.511.
[24] Setiawan, A. R. (2019). Penggunaan Mabdi ‘Asyroh dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2019_ISBN:978-602-0951-26-3.