Analysis of Natural Science Problem Solving Ability Judging from Self Confidence and Learning with the E-Module Assisted Discovery Learning Model Heat Transfer Materials
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V pada materi perpindahan panas melalui model discovery learning berbatuan e-modul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methods design dengan desain sekuensial eksplanatori. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, yaitu uji t satu variabel, uji beda, uji N-Gain, dan uji regresi, kemudian dilanjut dengan analisis kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa lebih dari nilai KKM yaitu 75 dengan hasil nilai thitung = 3,846 (> 1,706) dan nilai signifikansi 0,015 (< 0,05); (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 47,68% setelah pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan e-modul ; (3) Ada pengaruh rasa percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 98,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin besar rasa percaya diri siswa maka semakin tinggi kemampuan pemecahan masalahnya. Hal ini diperkuat dari hasil penelitian kualitatif yang menjelaskan bahwa tingkat Self Confidence siswa berpengaruh posittif terhadap tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa.