Analysis of Students' Writing Ability with Problem-Based Learning Model Assisted by Animated Videos Reviewed from Curiosity in Elementary Schools
Main Article Content
Abstract
Penerapan teknologi informasi meningkatkan keingintahuan siswa tentang berbagai hal melalui media sosial. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi keingintahuan siswa terhadap kemampuan menulis melalui model pembelajaran Problem-based Learning (PBL) dengan bantuan video animasi, serta menganalisis hasil kemampuan menulis karangan siswa di Sekolah Dasar Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas IV SD Negeri di Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Slawi, dengan total 10 sekolah yang masing-masing memiliki satu kelas IV. Desain penelitian menggunakan metode campuran dengan tipe "The Exploratory Sequential Design". Tahap pertama adalah eksplorasi, di mana peneliti mengumpulkan data kualitatif melalui wawancara, angket, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman dan kerangka teoritis. Tahap kedua adalah sekuen, di mana peneliti mengumpulkan data kuantitatif melalui tes kemampuan menulis untuk menguji hipotesis yang dihasilkan dari tahap sebelumnya. Analisis data kualitatif melibatkan uji keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, analisis data kuantitatif dan interpretasi menggunakan analisis awal, analisis akhir, uji prasyarat data akhir, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan video animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keingintahuan siswa terhadap kemampuan menulis, ditunjukkan oleh hasil uji t dengan nilai signifikansi 0,000, serta nilai Effect Size sebesar 4,61, menandakan pengaruh yang kuat. Selain itu, kemampuan menulis karangan siswa juga meningkat secara efektif melalui model PBL berbantuan video animasi, di mana siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan, didiskusikan, dan dipresentasikan di depan kelas pada setiap pertemuan.