Teachers' Strategies in Increasing Student Learning Motivation in the Subject of Moral Beliefs

Main Article Content

M Mahbubi
Andi Wulan Purnama

Abstract

Motivasi belajar merupakan aspek penting dalam proses pendidikan, khususnya mata pelajaran Akidah Akhlak yang menuntut pemahaman mendalam tentang nilai-nilai keagamaan. Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk strategi pengajaran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi pada guru dan siswa di MTs. Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan mengetahui dampak dari strategi tersebut terhadap motivasi belajar siswa. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan intrinsik dan ekstrinsik. Pendekatan intrinsik mencakup pemberian penghargaan, pengakuan atas kemampuan, serta bimbingan. Sementara itu, pendekatan ekstrinsik melibatkan penggunaan metode pembelajaran yang variatif, penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, dan penetapan tujuan pembelajaran yang jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, termasuk menjelaskan tujuan belajar, mengapresiasi siswa yang berhasil menghafal nadzam dengan cepat, memberi punishment bagi siswa yang tidak menghafal nadzam dalam jangka waktu tujuh hari, membangkitkan semangat belajar siswa, mengingatkan jasa orang tua, guru harus bisa menjadi teladan yang baik, dan menggunakan metode yang bervariasi, serta penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mahbubi, M., & Purnama, A. W. (2024). Teachers’ Strategies in Increasing Student Learning Motivation in the Subject of Moral Beliefs. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3323-3332. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8453
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.