The Influence of The Quantum Teaching Model Assisted With Video Learning Media on The Motivation And Learning Outcomes of Social Sciences for Class V Elementary School Students in Gugus III Tallo District Makassar City
Main Article Content
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam dunia Pendidikan menuntut profesionalisme dan sikap adapatif para pendidik abad 21 untuk berinovasi dan terus mengembangkan berbagai perangkat, alat, dan model pembelajaraan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini berkontribusi pada upaya untuk menguji pengaruh model Quantum Teaching terhadap Motivasi dan Hasil Belajar siswa. Akurasi dan presisi statistik diandalkan dalam studi eksperimen terkontrol dengan desain – Non eqivalent control group ini, dan sebanyak 50 orang siswa SD kelas V digunakan sebagai sampel (subjek) penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik standar penelitian kuantitatif seperti: Observasi, Kuisioner dan Tes tertulis dengan kriteria yang telah ditentukan, dan dianalisis dengan perangkat Stastical Program for Social Sience (SPSS) 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan terhadap Motivasi juga Hasil Belajar siswa pada kelas Eksperimen, di mana model diterapkan. Sementara pengujian hipotesis menegaskan pengaruh model Quantum Teaching terhadap Motivasi dan Hasil Belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05.