Efforts to Improve Mathematics Learning Outcomes on Multiplication Concepts through the Use of Kadolan Media (Multiplication Domino Cards) in Class II Students of UPT SDN 263 Pinrang

Main Article Content

Ukkas Ukkas
Ismail Ismail
Eka Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media Kadolan (Kartu Domino Perkalian) untuk meningkatkan hasil belajar matematika konsep perkalian siswa kelas II UPT SDN 263 Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II UPT SDN 263 Kabupaten Pinrang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan Hasil belajar siswa pra siklus sebesar 53,93, selanjutnya dengan menggunakan media Kadolan (Kartu Domino Perkalian) dalam melakukan konsep perkalian meningkat menjadi 57,86 pada siklus I, kemudian guru melakukan perbaikan dengan membagi kelompok sesuai hasil belajar siklus I, membagi tugas pada setiap anggota kelompok, memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan perkalian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 72,50. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Kadolan (Kartu Domino Perkalian) dapat meningkatkan hasil belajar matematika konsep perkalian siswa kelas II UPT SDN 263 Kabupaten Pinrang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ukkas, U., Ismail, I., & Wahyuni, E. (2024). Efforts to Improve Mathematics Learning Outcomes on Multiplication Concepts through the Use of Kadolan Media (Multiplication Domino Cards) in Class II Students of UPT SDN 263 Pinrang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3360-3371. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8455
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.