Problem Based Learning to Improve Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Subjects in Class V UPT SDN 8 Pinrang

Main Article Content

Muhammad Natsir
Masnur Masnur
Nadar Nadar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SD Negeri 8 Pinrang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kwalitatif dan kwantitatif, subyek penelitaian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 8 Pinrang semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Pada siklus I ketuntasan klasikal 52% pada siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Natsir, M., Masnur, M., & Nadar, N. (2024). Problem Based Learning to Improve Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Subjects in Class V UPT SDN 8 Pinrang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3382-3385. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8456
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.