Problem Based Learning to Improve Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Subjects in Class V UPT SDN 8 Pinrang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SD Negeri 8 Pinrang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kwalitatif dan kwantitatif, subyek penelitaian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 8 Pinrang semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Pada siklus I ketuntasan klasikal 52% pada siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.