Implementation of Knowladge Managemet System for Students at Tebuireng Jombang Islamic Boarding School

Main Article Content

Erik Junaidi
Naimah Naimah
Mahsur Mahsur
Muhammad Zaenul Lael

Abstract

Knowledge management merupakan satu pendekatan yang bertumpu pada pemahaman bahwa tugas organisasi, dalam hal ini organisasi sekolah, adalah memahami dengan baik bagaimana dan kapan penciptaan pengetahuan harus didukung, bagaimana menggunakan akumulasi pengetahuan yang sudah tercipta sehingga pengetahuan tersebut dapat meningkatkan produktifitas.Dalam penelitian ini menggunakan studi literature, dimana objek penelitian ini adalah bagaimana knowladge manajemen sistem terhadap santri di pesantren tebuireng jombang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dari jurnal/artikel, buku teks dan priodical. Analisis data dilakukan dengan membaca, mengumpulkan, mengutip, menyimpulkan dan menginterprestasikan hasil yang diperoleh.Pesantren Tebuireng merupakan salah satu pesantren tertua dan paling berpengaruh di Indonesia. Sebagai pesantren besar, cakupan pengetahuan atau ilmu yang diajarkan di Pesantren Tebuireng cukup luas dan komprehensif. Berikut adalah bidang-bidang ilmu yang umumnya dipelajari di Pesantren Tebuireng: 1. Ilmu Agama Islam: Al-Qur''an dan Tafsir, Hadits dan Ilmu Hadits, Aqidah dan Tauhid, Fiqih atau Hukum Islam, Akhlak dan Tasawuf, Sejarah Islam 2. Bahasa Arab: Nahwu (Tata Bahasa Arab), Sharaf (Morfologi Arab), Balaghah (Retorika Arab), Kemahiran membaca, menulis, dan berbicara Bahasa Arab 3. Ilmu-ilmu Keislaman Klasik (Dirasah Islamiyah): ushul Fiqih, Ilmu Kalam (Teologi Islam), Mantiq (Logika), Falak (Astronomi Islam) 4. Ilmu-ilmu Umum: Matematika, Sejarah, Geografi, Bahasa Indonesia atau Bahasa Daerah 5. Keterampilan dan Keilmuan Lainnya: Khitobah (Pidato), Qiro''ah (Seni Baca Al-Qur''an),Peimplimentasian KMS di Pesantren Tebuireng melibatkan berbagai aspek, seperti identifikasi sumber-sumber pengetahuan, pengembangan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung, pelatihan sumber daya manusia, serta pembuatan kebijakan dan prosedur yang mengatur pengelolaan pengetahuan seperti menerapakan atau mangajarkan terhadap santri ilmu agama, bahasa arab, ilmu-ilmu keislaman klasik, ilmu-ilmu umum dan Keterampilan dan Keilmuan Lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Junaidi, E., Naimah, N., Mahsur, M., & Lael, M. Z. (2024). Implementation of Knowladge Managemet System for Students at Tebuireng Jombang Islamic Boarding School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3386-3393. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8457
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.