Improving the Speaking Skills of Class Students through Fairy Tales at UPT SDN 263 Pinrang

Main Article Content

Hasniar Hasniar
Irman Syarif
Dedi Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui cerita dongeng yang dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SDN 263 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SDN 263 Kab. Pinrang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian ini meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan proses pembelajaran melalui dongeng dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara pada siswa kelas IV UPT SDN 263 Kab. Pinrang. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 62,50 dan sedikit mengalami peningkatan pada siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 75,25, setelah dilakukan perbaikan dengan membagi kelompok sesuai hasil belajar siklus I, membagi tugas pada setiap anggota kelompok, memberikan waktu kepada siswa untuk melakukan proses keterampilan berbicara melalui cerita dongeng dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa menjadi 81,35 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasniar, H., Syarif, I., & Setiawan, D. (2024). Improving the Speaking Skills of Class Students through Fairy Tales at UPT SDN 263 Pinrang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3405-3418. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8460
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.