Efforts to Improve Student Learning Outcomes through Cooperative Learning with Contextual Apporach

Main Article Content

Mahmuddin Mahmuddin
Ilham Assidiq
Sri Rosmiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di UPT SDN 13 Pinrang. Metode pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru dan cenderung pasif, kemudian diganti dengan model pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan instrumen observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan CTL secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar mereka. Keaktifan siswa dalam berpartisipasi, bertanya, dan berdiskusi meningkat secara signifikan pada setiap siklus. Begitu pula dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase siswa yang tuntas KKM. Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan CTL merupakan alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn, terutama dalam hal keaktifan dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mahmuddin, M., Assidiq, I., & Rosmiana, S. (2024). Efforts to Improve Student Learning Outcomes through Cooperative Learning with Contextual Apporach. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3427-3435. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8461
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.