Efforts to Improve Math Learning Outcomes of Fraction Concepts Using Concrete Objects in Class III UPT SDN 59 Pinrang Students
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media ajar benda konkret yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika konsep pecahan siswa kelas III UPT SDN 59 Kab. Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III UPT SDN 59 Kab. Pinrang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian ini meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ajar benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika konsep pecahan pada siswa kelas III UPT SDN 59 Kab. Pinrang. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 57,4 dan sedikit mengalami peningkatan pada siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 68,2, setelah dilakukan perbaikan dengan membagi kelompok sesuai hasil belajar siklus I, membagi tugas pada setiap anggota kelompok, memberikan waktu kepada siswa untuk melakukan proses pemahaman konsep pecahan menggunakan media ajar benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika konsep pecahan pada siswa menjadi 81,8 pada siklus II.