Analysis of the Level of Student Learning Motivation in Nahwu Learning with the Al-Miftah Lil Ulum Method At the Nujumul Huda Lombok Islamic Boarding School
Main Article Content
Abstract
Ilmu nahwu merupakan salah satu pelajaran yang wajib di pondok pesantren, baik pondok pesantren salaf (terdahulu) maupun pondok pesantren modern, pembelajaran ilmu nahwu sangat penting karena sebagai ilmu alat untuk membaca atau memahami kitab-kitab gundul atau lebih familiar dengan sebutan kitab kuning, ilmu nahwu dikenal dengan salah satu cabang ilmu yang sangat sulit yang membutuhkan ketekunan serta motivasi tinggi dalam mempelajarinya. Beberapa tahun terakhir muncul sebuah metode yakni metode Al-Miftah Lil Ulum sebagai jawaban atas kegelisahan santri dalam mengatasi kesulitan memahami ilmu nahwu yang sangat sulit. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengalisis secara kuantitatif deskriptif tingkat motivasi belajar santri di Ponpes Nujumul Huda dalam pembelajaran ilmu nahwu menggunakan metode Al-Miftah Lil Ulum. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriftif untuk menganalisis tingkat motivasi belajar santri dan menggambarkan fenomena dalam penelitian. Peneliti menyimpulkan bahwa bahwa motivasi belajar santri dalam pembelajaran ilmu nahwu dengan metode Al-Miftah Lil Ulum di Ponpes Nujumul Huda berada pada tingkat kategori “tinggi”, salah satu yang menjadi faktor tingginya motivasi santri dalam mempelajari ilmu nahwu dengan metode Al-Miftah tersebut ialah adanya lagu pada setiap nadzom, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi sangat menyenangkan.