Becoming a Da'wah Artist: Evaluation of the Live in Da'wah Program to Improve Student Morale with the CIPP Model
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada evaluasi program "Live In Dakwah" untuk meningkatkan moral siswa menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product(CIPP). Program "Live In Dakwah" adalah inisiatif yang diimplementasikan oleh SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta untuk mengatasi penurunan karakter moral siswa, yang ditandai dengan isu-isu seperti perkelahian mahasiswa, penggunaan narkoba, dan pelecehan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP. Model CIPP akan digunakan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk program untuk menentukan efektivitasnya dalam meningkatkan moral siswa. Hasil evaluasi menunjukan bahwa Live In Dakwah dinyatakan berhasil karena hasil nilai rapot mata Pelajaran Akidah Akhlak siswa mencapai kriteria ketuntasan 90%. Hasil evaluasi ini menunjukan bahwa program live in dakwah cukup efektif jika ditinjau dari hasil kegiatannya.Hasil evaluasi ini diharapkan akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan program "Live In Dakwah" dan meningkatkan dampaknya pada perkembangan moral siswa.