Becoming a Da'wah Artist: Evaluation of the Live in Da'wah Program to Improve Student Morale with the CIPP Model

Main Article Content

Heni Nadia Fitriana
Suwadi Suwadi

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada evaluasi program "Live In Dakwah" untuk meningkatkan moral siswa menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product(CIPP). Program "Live In Dakwah" adalah inisiatif yang diimplementasikan oleh SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta untuk mengatasi penurunan karakter moral siswa, yang ditandai dengan isu-isu seperti perkelahian mahasiswa, penggunaan narkoba, dan pelecehan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP. Model CIPP akan digunakan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk program untuk menentukan efektivitasnya dalam meningkatkan moral siswa. Hasil evaluasi menunjukan bahwa Live In Dakwah dinyatakan berhasil karena hasil nilai rapot mata Pelajaran Akidah Akhlak siswa mencapai kriteria ketuntasan 90%. Hasil evaluasi ini menunjukan bahwa program live in dakwah cukup efektif jika ditinjau dari hasil kegiatannya.Hasil evaluasi ini diharapkan akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan program "Live In Dakwah" dan meningkatkan dampaknya pada perkembangan moral siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriana, H. N., & Suwadi, S. (2024). Becoming a Da’wah Artist: Evaluation of the Live in Da’wah Program to Improve Student Morale with the CIPP Model. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3625-3631. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8484
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.