The Influence of Pricipal Transformtional Leadership on Teacher Motivation: A Literature review
Main Article Content
Abstract
Motivasi guru merupakan hal yang penting bagi peningkatan kualitas pendidikan karena mempengaruhi hasil belajar siswa. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi guru, salah satunya kepemimpinan transformasional. Kajian komprehensif mengenai pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap motivasi guru dilakukan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Penelitian, terutama literature review mengenai pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi guru masih sangat terbatas. Sehingga artikel ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi guru. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Artikel yang diulas diperoleh dari Google Scholar dengan kata kunci “The Influence of Principal’s Transformational Leadership on Teacher Motivation”. Terdapat 20 artikel yang sesuai dengan kriteria untuk dilakukan ulasan lebih lanjut. Temuan dari literature review mengungkapkan bahwa sebagian besar artikel (17 artikel) menyatakan kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan sebagian besar dikatakan berpengaruh signifikan terhadap motivasi guru di berbagai negara, sedangkan 3 artikel lainnya menyatakan kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap motivasi guru.