The Application of The Role Playing Method in Improving The Learning Outcomes of IPAS on the Material of Animal and Human Body Movements

Main Article Content

Windi Megayani
Yantoro Yantoro
Basyir Basyir
Misnawati Misnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi gerak tubuh hewan dan manusia melalui metode role playing di kelas V SDN 42/IV Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang di SDN 42/IV Kota Jambi. Penelitian dilakukan untuk menemukan solusi atas permasalahan pembelajaran yang muncul di kelas. Ada empat langkah yang terlibat dalam penggunaan metode ini: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Keempat tahapan ini merupakan siklus yang berulang, menggunakan prosedur yang sama dan dengan tujuan mengajar melalui permainan peran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPAS pada materi gerak tubuh hewan dan manusia. Peningkatan hasil persentase nilai dari pra siklus 56,5% meningkat di siklus I menjadi 69,5%, kemudian meningkat di siklus II menjadi 83,5% yang masuk kategori baik dan mencapai ketuntasan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Megayani, W., Yantoro, Y., Basyir, B., & Misnawati, M. (2024). The Application of The Role Playing Method in Improving The Learning Outcomes of IPAS on the Material of Animal and Human Body Movements. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3795-3801. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8504
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.