Implementation of Learning Media Development Based on Quick Response Code Using the Flipped Classroom Model

Main Article Content

Dwiki Hari Wijaya

Abstract

Inovasi teknologi dalam pendidikan, seperti penggunaan model flipped classroom dan media pembelajaran berbasis Quick Response (QR) Code, dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis QR Code yang diintegrasikan dengan model flipped classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan subjek penelitian siswa kelas V di SDI Tanbihul Ghofilin Surabaya. Proses pengembangan media dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, sementara data efektivitas media diambil melalui kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QR Code dalam flipped classroom mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar mereka. Media pembelajaran berbasis QR Code efektif digunakan dalam model flipped classroom untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wijaya, D. H. (2024). Implementation of Learning Media Development Based on Quick Response Code Using the Flipped Classroom Model. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3945-3951. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i2.8507
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.