The Implication of TikTok Application in Learning EFL for Youngsters

Main Article Content

Putri Muthia Amri
Imelda Darmayanti Manurung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi penggunaan aplikasi TikTok dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) pada siswa XI TJKT B di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Dengan menggunakan metode survei dan wawancara, data dikumpulkan dari 35 siswa dan satu guru bahasa Inggris yang aktif menggunakan TikTok sebagai alat bantu pengajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa TikTok secara signifikan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, khususnya melalui konten yang kreatif, ringkas, dan interaktif. Guru juga melaporkan bahwa siswa menjadi lebih antusias dan lebih mudah mengingat kosakata dan struktur bahasa setelah mengintegrasikan TikTok ke dalam pembelajaran mereka. Selain itu, TikTok memfasilitasi pengenalan aspek budaya berbahasa Inggris, yang dianggap penting dalam meningkatkan pemahaman bahasa siswa secara keseluruhan. Namun, terlepas dari manfaat besar yang diberikan TikTok, penting bagi pendidik untuk mengintegrasikannya dengan metode pengajaran tradisional untuk memastikan siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Studi ini merekomendasikan agar platform media sosial seperti TikTok terus dieksplorasi dalam konteks pendidikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amri, P. M., & Manurung, I. D. (2024). The Implication of TikTok Application in Learning EFL for Youngsters. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3835-3842. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8512
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.