The Principal's Approach to Creating a Conducive Work Climate at SMK Negeri 4 Jambi City

Main Article Content

Sutriyanti Sutriyanti
Undari Sulung
Amina Candra Kasih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan konkrit yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kondisi lingkungan kerja di sekolah. Kepala sekolah harus memahami karakteristik individu dan dinamika kelompok di lingkungan sekolah untuk menentukan pendekatan yang efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus, dimana peneliti mencoba menggambarkan kondisi atau fakta berdasarkan kasus yang terjadi di lapangan. Studi kasus dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh solusi atas permasalahan yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa aspek yang menjadi fokus utama dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif. Pendekatan kepemimpinan yang efektif dan inklusif dari kepala sekolah, komunikasi yang terbuka dan saling pengertian antar seluruh warga sekolah, serta pemberian masukan yang konstruktif terhadap kinerja guru menjadi poin penting dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif. Dalam upaya menciptakan iklim kerja yang kondusif, diperlukan peran aktif dan kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan siswa. Kepala sekolah berperan besar dalam memfasilitasi kolaborasi ketiga aspek tersebut melalui pendekatan kepemimpinan inklusif dan proaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sutriyanti, S., Sulung, U., & Kasih, A. C. (2024). The Principal’s Approach to Creating a Conducive Work Climate at SMK Negeri 4 Jambi City. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3874-3883. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8515
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.