The Principal's Approach to Creating a Conducive Work Climate at SMK Negeri 4 Jambi City
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan konkrit yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kondisi lingkungan kerja di sekolah. Kepala sekolah harus memahami karakteristik individu dan dinamika kelompok di lingkungan sekolah untuk menentukan pendekatan yang efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus, dimana peneliti mencoba menggambarkan kondisi atau fakta berdasarkan kasus yang terjadi di lapangan. Studi kasus dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh solusi atas permasalahan yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa aspek yang menjadi fokus utama dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif. Pendekatan kepemimpinan yang efektif dan inklusif dari kepala sekolah, komunikasi yang terbuka dan saling pengertian antar seluruh warga sekolah, serta pemberian masukan yang konstruktif terhadap kinerja guru menjadi poin penting dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif. Dalam upaya menciptakan iklim kerja yang kondusif, diperlukan peran aktif dan kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan siswa. Kepala sekolah berperan besar dalam memfasilitasi kolaborasi ketiga aspek tersebut melalui pendekatan kepemimpinan inklusif dan proaktif.