Application of Tabe’ Local Culture in Civics Learning for Class V Students at Elementary School 211 Attang Benteng, Liliriaja District, Soppeng Regency
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan budaya lokal tabe pada siswa kelas V di SD Negeri 211 Attangbenteng Kecamatan LIliriaja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, wali kelas V, siswa kelas V dan orangtua siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan melakukan wawancara mendalam, menggunakan data dan informasi yang diperoleh langsung dari informan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu Penerapan budaya tabe’ di SD Negeri 211 Attang Benteng sudah bersinergi antara kepala sekolah, guru dan orangtua dalam rangka untuk membudayakan tabe’ pada siswa di sekolah maupun di rumah.