Analysis of Students’ Critical Thinking Abilty and Mathematical Understanding
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kemampuan berpikir kritis mendasari kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk di dalamnya berpikir kreatif pemecahan masalah dan pengambilan Keputusan sehingga wajib dikuasai terlebih dahulu. Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan peserta didik yang dapat memahami suatu konsep dengan baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal system persamaan linear dua variable (SPLDV). Penelitian ini dilaksanakan di MTS EX PGA UNIVA dengan menggunakan metode adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian meliputi instrument tes : kemampuan awal matematis, kemampuan berpikir kritis, intrumen tes pemahaman matematis, dan pedoman wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan adanya interaksi berkelanjutan antar guru dan siswa, secara data hasil nilai yang diperoleh siswa pada test awal mengalami peningatan setelah siswa di mendapatkan pembelajaran dengan model pemahaman matematis siswa, dimana nilai awal siswa sebelum melakukan pendekatan ini, nilai rata-rata siswa hanya 69,42 setelah melakukan pendekatan model pembelajaran pemahaman matematis siswa meningkat menjadi 80,76,berarti bahwa Model pembelajaran Pemahaman matematis siswa berpengaruh terhadap terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.