Analysis of the Implementation of the Merdeka Curriculum in Self-Development Learning for Elementary School Level Mentally Disabled Children at the Pandita Special School

Main Article Content

Zehan Nurul Nisa
Reza Febri Abadi
Neti Asmiati

Abstract

Kurikulum merupakan perencanaan yang berisi tentang tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa. Kurikulum sekolah Pandita mengacu pada kurikulum merdeka. Penelitian ini berfokus pada implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bina diri anak tunagrahita tingkat SD dengan tujuan untutk mengetahui proses implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bina diri, faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2024. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Pemahaman pendidik sekolah khusus Pandita mengenai tujuan, materi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terbilang cukup baik tentang kurikulum merdeka, karena dalam mengimplementasikan pembelajaran bina diri di dalam kelas pendidik sekolah khusus Pandita telah menggunakan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nisa, Z. N., Abadi, R. F., & Asmiati, N. (2024). Analysis of the Implementation of the Merdeka Curriculum in Self-Development Learning for Elementary School Level Mentally Disabled Children at the Pandita Special School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 4135-4140. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8569
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.