Systematic Literature Review: Shaping Muslim Personality Based on Islamic Educational Philosophy
Main Article Content
Abstract
Karakter seorang muslim dalam melakoni kehidupan sehari-hari sudah mempunyai rule model yang menjadi suri tauladan yaitu ada pada keperibadian Rasulullah SAW. Rule model inilah yang dikembangkan oleh pemikir-pemikir muslim hingga membentuk sebuah aliran keilmuan yang lazimnya dikenal dengan nama filasafat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Filsafat yang pada objek dasarnya adalah hasil dari pegulatan alam pemikiran untuk mendapatkan jalan yang bijak guna menjalankan aktifitas bermasyarakat, mampu bersanding pada pembentukan kepribadian muslim dalam perspektif pendidikan Islam. Dengan pendekatan paradigma Sistematic Literatur Review (SRL) pada jurnal yang sudah dipubikasikan sejak tahun 2020 sampai tahun 2024 maka didapatkan hasil bahwa pembentukan Keperibadian Muslim. Berdasarkan Filsafat Pendidikan Islam adalah, Pertama, dari aspek epistemologi filsafat Pendidikan islam dalam membentuk keperibadian muslim bahwa bagaimana cara, atau langkah-langkah untuk mendapatkan pengetahuan pendidikan yang berdasarkan Alquran dan As-Sunah. Sistem pendidikan Islam harus menempatkan Alquran maupun As-Sunah sebagi pemberi petunjuk ke arah mana proses pendidikan digerakkan. Kedua aspek ontologi berangkat dari ajaran tentang hakikat atau nilai kebaikan yang hendak dituju dalam proses Pendidikan untuk perbaikan keperibadian muslim itu sendiri. Ketiga aksiologi Pendidikan berkaitan dengan tujuan atau manfaat Pendidikan dalam pembentukan keperibadian muslim, maka tujuan dari filsafat Pendidikan islam dapat membentuk karakter keperibadian muslim adalah bahwa pendidikan islam bermanfaat untuk pengembangan manusia secara menyeluruh, melibatkan akal, hati, jasmani, rohaniah, keterampilan, dan akhlak, sehingga filsafat Pendidikan islam sangat mempengaruhi karakter keperibadian muslim