Development of e-modules containing the character of mutual cooperation on the theme of local wisdom in elementary schools
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter, terutama dalam konteks Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila (P5), merupakan aspek penting dalam membentuk generasi berkompeten dan berkarakter. Salah satu nilai inti yang perlu ditanamkan adalah gotong royong, yang mencerminkan semangat kerja sama dan solidaritas sosial dalam budaya Indonesia. Namun, integrasi nilai gotong royong dalam pembelajaran di sekolah dasar menghadapi tantangan, terutama terkait dengan keterbatasan bahan ajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis kearifan lokal yang mengintegrasikan nilai gotong royong. Fokus utama penelitian ini adalah untuk menilai validitas atau kelayakan e-modul yang dikembangkan dalam mendukung pembelajaran berbasis proyek yang interaktif dan relevan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Penelitian ini menghasilkan sebuah e-modul yang mengintegrasikan nilai gotong royong pada tema kearifan lokal di Sekolah Dasar. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, e-modul ini menunjukkan kelayakan yang baik, pada aspek penilaian terhadap modul menunjukkan tingkat kemenarikan sebesar 94% dan kepraktisan sebesar 89%, menegaskan bahwa modul ini relevan, menarik, dan mudah digunakan dalam pembelajaran berbasis karakter