Implementation of Religious Moderation in Islamic Religious Education: A Systematic Review

Main Article Content

Rama Armedi
Satria Sodikin
Mohammad Asrori

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi moderasi beragama dalam konteks pendidikan agama Islam di Indonesia. Permasalahan yang dikaji adalah tantangan ekstrimisme dan intoleransi dalam masyarakat Islam di Indonesia, serta urgensi pendidikan moderat sebagai solusi untuk mempromosikan toleransi dan keseimbangan dalam kehidupan beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kajian pustaka terhadap ertikel jurnal yang relevan dengan tema implementasi moderasi beragama. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa integrasi nilai-nilai moderasi dalam kurikulum, pelatihan bagi pendidik, dan dialog antar stake holder menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan inklusif dan harmonis

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Armedi, R., Sodikin, S., & Asrori, M. (2024). Implementation of Religious Moderation in Islamic Religious Education: A Systematic Review. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 4367-4377. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8615
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.