The Influence of Conceptual Skills, Interpersonal Relationships and Environmental Challenges on the Leadership Behavior of the Head of Madrasah Aliyah in Bunut Baok Village, Praya District, Central Lombok Regency
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan konseptual, hubungan interpersonal dan tantangan lingkungan terhadap perilaku kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Di Desa Bunut Baok Tahun 2024 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling non probability sampling atau sampel total dengan jumlah sampel 59 orang. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F menggunakan SPSS Statistics versi 30.0.0.0 2024. Hasil analisis menunjukkan secara parsial pengaruh keterampilan konseptual (X1) berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepemimpinan (Y), hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 5,175 > 2,000995, dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hubungan interpersonal (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepemimpinan (Y), hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel sebesar -0,921 < 2,000995 dengan taraf signifikansi sebesar 0,361 > 0,05. Tantangan lingkungan (X3) berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepemimpinan (Y), hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,023 > 2,000995 dengan taraf signifikansi sebesar 0,048 < 0,05. Secara simultan bahwa nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,927. Hasil tersebut menjelaskan besarnya kontribusi dari variabel independen terhadap variabel dependen (Y) yang disertakan dalam persamaan regresi terhadap variabel perilaku kepemimpinan (Y) adalah sebesar 92,7% sedangkan 7,3% lainnya disumbangkan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini. Implikasi teoritik dalam penelitian ini menguatkan konsep bahwa kepemimpinan di lingkungan pendidikan memerlukan keseimbangan antara kerampilan konseptual konseptual, hubungan interpersonal interpersonal, dan respons terhadap tantangan lingkungan untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif.