The Essence of Islamic Education Management and Development From the Perspective of Islamic Education Philosophy

Main Article Content

Neliwati Neliwati
Silahuddin Silahuddin
Anna Simanjuntak

Abstract

Pengelolaan dan pengembangan pendidikan Islam merupakan suatu keharusan yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang sesungguhnya yang tentunya tidak lepas dari pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya manusia dengan baik dan sesuai dengan porsinya. Sumber daya manusia seperti guru sebagai pengajar dan pendidik bagi peserta didik di lembaga atau lingkungan pendidikan Islam, sangat menentukan dalam mencapai proses pembelajaran yang menuntut keberhasilan intelektual dan nilai-nilai keislaman bagi peserta didiknya. Namun hal tersebut merupakan tugas dan kewajiban seorang manajer dalam memilah dan melaksanakan pemberdayaan yang baik terhadap para pendidiknya. Selain itu, proses musyawarah merupakan salah satu cara yang dapat dilaksanakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan kendala atau permasalahan yang dihadapi dalam proses pendidikan yang dilaksanakan di lembaga pendidikan Islam itu sendiri. Kata Kunci: Manajemen Siswa, Perkembangan, Filsafat Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Neliwati, N., Silahuddin, S., & Simanjuntak, A. (2024). The Essence of Islamic Education Management and Development From the Perspective of Islamic Education Philosophy. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 4760-4768. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8683
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.