Application of Talking Stick Learning Model in Increasing Interest and Learning Outcomes of Civics Class III Students of SD Negeri 93 Cabbeng

Main Article Content

Satriani Rahayu
Hasanuddin Hasanuddin
Ahmad Ahmad
Andi Tenri Sua

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan minat dan hasil belajar PPKn siswa Kelas III SD Negeri 93 Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan lembar angket. Teknik analisis data yaitu menyelidiki  data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian yaitu menunjukkan bahwa persentase minat belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 59,4% (Kurang) dan pertemuan 2 mencapai 63,6% (Cukup), sedangkan pada siklus II pertemuan 1 70,6% (Cukup) dan pertemuan 2 mencapai 80,2% (Baik). Serta hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 12 dari 25 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 73,32 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 48% (cukup), sedangkan pada siklus II terdapat 19 dari 25 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,56 dengan persentase ketuntasan 76% (baik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas III SD Negeri 93 Cabbeng.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahayu, S., Hasanuddin, H., Ahmad, A., & Sua, A. T. (2025). Application of Talking Stick Learning Model in Increasing Interest and Learning Outcomes of Civics Class III Students of SD Negeri 93 Cabbeng. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86-95. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8830
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.