Islamic Religious Education Strategy in Extracurricular Activities in Public Schools

Main Article Content

Jaswan Jaswan
Baharuddin Baharuddin
M. Fathahuddin
Abdul Muqtadir Sukri
Muh. Ilyas
Amaluddin Amaluddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah umum guna meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai Islam oleh peserta didik. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seperti Rohani Islam (Rohis), kajian keislaman, seni Islami, serta pembinaan karakter berbasis nilai-nilai Islam merupakan strategi efektif dalam mendukung pembelajaran PAI di luar kelas. Kegiatan ini mampu membangun suasana religius, meningkatkan motivasi belajar agama, serta memperkuat hubungan antar siswa dan guru. Kesuksesan implementasi strategi ini sangat bergantung pada dukungan pihak sekolah, keterlibatan aktif guru PAI, dan peran orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler berbasis PAI dapat menjadi sarana integratif untuk membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berkarakter Islami.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jaswan, J., Baharuddin, B., Fathahuddin, M., Sukri, A. M., Ilyas, M., & Amaluddin, A. (2025). Islamic Religious Education Strategy in Extracurricular Activities in Public Schools. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 9(1), 103-112. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/8832
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.