Islamic Religious Education Strategy in Extracurricular Activities in Public Schools
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah umum guna meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai Islam oleh peserta didik. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seperti Rohani Islam (Rohis), kajian keislaman, seni Islami, serta pembinaan karakter berbasis nilai-nilai Islam merupakan strategi efektif dalam mendukung pembelajaran PAI di luar kelas. Kegiatan ini mampu membangun suasana religius, meningkatkan motivasi belajar agama, serta memperkuat hubungan antar siswa dan guru. Kesuksesan implementasi strategi ini sangat bergantung pada dukungan pihak sekolah, keterlibatan aktif guru PAI, dan peran orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler berbasis PAI dapat menjadi sarana integratif untuk membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berkarakter Islami.
Downloads
Article Details
Copyright and License
NC: The work may only be used for non-commercial purposes.
SA: Any adaptations must be shared under the same license.