The Influence of Technology-Based Writing Learning on Students’ Writing Skills in the Digital Era

Main Article Content

Nurjayanti Kaharuddin
Isnani Arianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran menulis berbasis teknologi terhadap keterampilan menulis siswa di era digital. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen semu, penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa dari beberapa sekolah menengah atas, yaitu kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran menulis berbasis teknologi dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes menulis pre-test dan post-test, serta angket untuk mengukur persepsi siswa terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan keterampilan menulis yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen meningkat sebesar 19,8 poin, sementara kelompok kontrol hanya meningkat sebesar 5,3 poin. Uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dengan nilai p < 0,05. Selain itu, angket menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen merasa lebih termotivasi, lebih mudah mengorganisasi tulisan, dan lebih percaya diri dalam menulis setelah menggunakan teknologi. Pembelajaran menulis berbasis teknologi terbukti memberikan manfaat besar dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, terutama dalam pengorganisasian ide, kelancaran penulisan, penggunaan kosakata, dan tata bahasa. Meskipun demikian, penggunaan teknologi harus dilakukan dengan bijak untuk menghindari ketergantungan pada alat digital yang dapat mengurangi keterampilan dasar menulis. Penelitian ini menyarankan agar pendidik mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam pembelajaran menulis untuk mencapai hasil yang optimal di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kaharuddin, N., & Arianti, I. (2025). The Influence of Technology-Based Writing Learning on Students’ Writing Skills in the Digital Era. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 9(1), 174-180. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v9i1.8849
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.