Democratic Leadership in Educational Contexts: A Literature Review
Main Article Content
Abstract
Salah satu gaya kepemimpinan yang relevan dalam konteks pendidikan adalah kepemimpinan demokratis, yang menekankan partisipasi aktif seluruh anggota sekolah dalam proses pengambilan keputusan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam implementasi dan dampak kepemimpinan demokratis dalam dunia pendidikan melalui metode tinjauan literatur terhadap artikel nasional dan internasional yang terbit pada tahun 2021–2025. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis berkontribusi positif terhadap peningkatan motivasi kerja, kompetensi pedagogik, disiplin, dan kinerja guru, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif bagi siswa. Selain itu, gaya kepemimpinan ini juga mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan peningkatan mutu lulusan. Namun, tantangan seperti waktu pengambilan keputusan yang lebih panjang dan keterbatasan sumber daya masih menjadi hambatan dalam praktiknya. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi implementasi yang tepat agar kepemimpinan demokratis dapat memberikan dampak yang optimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright and License
NC: The work may only be used for non-commercial purposes.
SA: Any adaptations must be shared under the same license.