Democratic Leadership in Educational Contexts: A Literature Review

Main Article Content

Erlan Heryanto
Hasan Hariri
Atik Rusdiani

Abstract

Salah satu gaya kepemimpinan yang relevan dalam konteks pendidikan adalah kepemimpinan demokratis, yang menekankan partisipasi aktif seluruh anggota sekolah dalam proses pengambilan keputusan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam implementasi dan dampak kepemimpinan demokratis dalam dunia pendidikan melalui metode tinjauan literatur terhadap artikel nasional dan internasional yang terbit pada tahun 2021–2025. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis berkontribusi positif terhadap peningkatan motivasi kerja, kompetensi pedagogik, disiplin, dan kinerja guru, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif bagi siswa. Selain itu, gaya kepemimpinan ini juga mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan peningkatan mutu lulusan. Namun, tantangan seperti waktu pengambilan keputusan yang lebih panjang dan keterbatasan sumber daya masih menjadi hambatan dalam praktiknya. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi implementasi yang tepat agar kepemimpinan demokratis dapat memberikan dampak yang optimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Heryanto, E., Hariri, H., & Rusdiani, A. (2024). Democratic Leadership in Educational Contexts: A Literature Review. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 5444-5449. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i2.8854
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.