Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang
Main Article Content
Abstract
Penelitian Eksperimen ini dilakukan di Program Studi Bimbingan Konseling dengan subjek penelitian adalah Mahasiswa semester 3 dengan jumlah 10 orang. Masalah dalam penelitian ini adalah Mahasiswa semester 3 mengalami kemandirian belajar yang rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran kemandirian belajar mahasiswa sebelum penerapan Teknik Regulasi diri di Program Studi Bimbingan Konseling. (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik regulasi diri untuk meningkatkan kemandirian belajar Mahasiswa di Program Studi Bimbingan Konseling (3) Bagaimana pengaruh Penerapan Teknik Regulasi diri terhadap kemandirian belajar Mahasiswa di Program Studi Bimbingan Konseling. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Designs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Teknik Self-Regulation dapat untuk meningkatkan kemandirian belajar. Dengan demikian hasil penelitian ini (1) kemandirian belajar Mahasiswa meningkat setelah diberikan perlakuan berupa latihan regulasi diri meningkat. (2) Penerapan Teknik Self-Regulation memberi pengaruh positif terhadap kemandirian belajar Mahasiswa di Program Studi Bimbingan konseling.
Downloads
Article Details
Copyright and License
NC: The work may only be used for non-commercial purposes.
SA: Any adaptations must be shared under the same license.