Implementasi Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA Kota Bandung
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualititaif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi, yaitu dengan cara-cara membaca secara cermat dan kritis terhadap berbagai referensi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru untuk meningkatkan mutu pendidikan tingkat SMA di Kota Bandung sudah baik. Evaluasi Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru untuk meningkatkan mutu pendidikan tingkat SMA di Kota Bandung belum memberikan hasil yang baik yakni rerata uji kompetensi guru masih belum bagus, rerata nilai ujian nasional peserta didik belum bagus, dan mutu pendidikan belum baik. Permasalahan yang timbul adalah kenaikan rerata hasil UKG tidak berdampak dengan rerata hasil UN, pemberian TPG belum dapat meningkatkan kompetensi guru secara menyeluruh, perekrutan guru masih relatif mudah, dan kurangnya penguasaan terhadap kompetensi. Solusinya adalah UKG diganti dengan PKB untuk memperbaiki mutu, Pemerintah melalui LPMP memberikan bimbingan untuk melakukan Sistem Penjaminan Mutu Internal dengan jujur, Pemerintah melalui P4TK mengadakan pembinaan dalam berbagai diklat, diberikan TPG dan pelatihan, Sekolah mengadakan in house training bagi guru di satuan pendidikan masing-masing dan Guru berusaha meningkatkan kompetensinya dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan sekolah maupun pemerintah.